Rabu, 19 Desember 2007

PEREKRUTAN TENAGA KERJA ASTRA DAIHATSU

538 Lulusan SMK Ikut Seleksi Canaker PT Astra
Para lulusan SMK dari lima kabupaten (Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali dan Magelang), mengikuti seleksi tes rekrutmen canaker PT Astra Daihatsu yang digelar di SMKN 2 Wonogiri. (Foto SM CyberNews/Bambang Pur)
Wonogiri, CyberNews. Sebanyak 538 lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari lima kabupaten di Jateng selatan, Minggu (30/6), mengikuti seleksi rekrutmen calon tenaga kerja (canaker) PT Astra Daihatsu Motor Jakarta, yang digelar di SMKN 2 Wonogiri.

Kepala SMKN 2 Wonogiri, Ir Drs H Dikin, mengatakan, perekrutan canaker ini berkat jalinan kerjasama SMKN 2 Wonogiri dengan PT Astra Daihatsu Motor Jakarta, untuk memberikan kesempatan para lulusan SMK dalam meraih kesempatan kerja.

''Ini senergi dengan visi SMK dalam menyiapkan canaker yang kompeten dan profesional, dalam memasuki pasar kerja global yang dilandasi akhlak mulia, budi pekerti luhur, sopan santun, punya sikap patriotisme dan nasionalisme,'' katanya.

Seleksi ini akan berlangsung selama dua hari, dibuka secara resmi oleh Bupati Wonogiri yang diwakili Asisten Sekda Ir H Suprapto MM, ditandai dengan pemukulan gong. Bupati dalam sambutan tertulisnya, menyatakan, menyambut baik kerjasama yang dijalin oleh pihak SMKN 2 dengan pihak ketiga ini. Ini, kata Suprapto, memiliki kontribusi positif dalam ikut serta mencarikan peluang kerja bagi para sisa lulusan SMK, tidak saja para lulusan SMK Wonogiri, tapi juga dari kabupaten lain.

Rekrutmen caneker ini, mensyaratkan peserta memiliki nilai rata-rata minimal tujuh, tidak buta warna dan tinggi badan minimal 163 sentimeter. Mereka yang mengikuti seleksi, terdiri atas 441 orang dari Kabupaten Wonogiri, 40 peserta dari Kabupaten Sukoharjo, 42 orang dari Kabupaten Karanganyar, 14 peserta dari Kabupaten Boyolali dan seorang peserta dari Kabupaten Magelang.

Ir Joko Baroto dari PT Astra Daihatsu Jakarta, mengatakan rekrutmen kali ini merupakan yang kedualinya di Wonogiri, setelah dulu pernah dilaksanakan pada tahun 2003 juga di Wonogiri. ''Melalui seleksi ini, kami mengajak generasi muda untuk bergabung di Daihatsu,'' ujar Joko.

Dipilihnya Wonogiri sebagai daerah penyelenggara tes seleksi, karena genrasi muda dari daerah dinilai memiliki etos kerja yang tinggi, militan dan tangguh. Dari jumlah 538 peserta seleksi ini, kelak akan diambil sekitar 200 orang.

Tidak ada komentar: